Abstract:
Nangroe Aceh Darusallam merupakan salah satu Provinsi yang memiliki potensi
wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah tujuan wisata lainnya di
Indonesia. Kabupaten Aceh besar memiliki banyak objek wisata yang dapat
dikunjungi seperti wisata alam, agrowisata, wisata seni dan budaya, dan wisata
peninggalan sejarah. Salah satu wisata pantai yang ada dikabpaten aceh besar
adalah pantai momong beach,objek wisata ini memiliki daya tarik sendiri bagi
wisatawan Namun dalam kenyataannya objek wisata ini belum sepenuhnya
banyak orang mengetahui nya karena lokasi wisata ini berada diujung dan
memiliki jalan yang masih rusak. promosi yang dilakukan oleh dinas kebudayaan
dan pariwisata aceh dan pengelola wisata sudah sangat baik.Penelitian ini
bertujuan untuk menggambarkan strategi pemasaran yang dilakukan humas dan
juga bidang pemasaran oleh dinas kebudayaan dan pariwisata aceh terkait promosi
wisata yang dilakukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, obsevasi
dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran
humas Dinas kebudayaan dan pariwisata aceh dalam mempromosikan momong
beach melalui media elektronik, karena media elektronik saat ini lebih efektif
dibandingkan media cetak. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengguna media
elektronik sehingga mempengaruhi turunnya minat baca seseorang dalam
mendapatkan informasi dan juga saat ini media sosial merupakan media yang
mudah dijangkau oleh publik.