Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Menganalisis tingkat kepuasan
konsumen dalam menggunakan jasa pesan antar sayur dan buah secara daring di
daerah penelitian. 2). Menganalisis faktor mana yang berperan dominan terhadap
tingkat kepuasan konsumen pada jasa antar sayur dan buah secara daring di lokasi
penelitian. Penentuan lokasi penelitian yang penulis pilih dilakukan secara sengaja
(purposive). Lokasi penelitian dilaksanakan di usaha Orifresh tepatnya di Jl. Rotan Proyek
No.6, RW.9, Petisah Tengah, Medan Petisah. Penarikan sampel pada penelitian ini
yaitu berdasarkan teknik Non Probability Sampling yaitu dengan teknik sampling
aksidental dengan jumlah sebanyak 30 orang responden. Untuk menjawab
perumusan masalah yaitu tingkat kepuasan konsumen yang menggunakan jasa
pesan antar buah dan sayuran secara daring di analisis dengan Customer
Satisfaction Index (CSI) dan IPA.
Hasil penelitian ini adalah: 1). Indeks Kepuasan Pelanggan/Konsumen
berkaitan dengan ketiga faktor yaitu mutu produk dan jasa pelayanan, kesesuaian
harapan, pelayanan pasca penjualan. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan tingkat kepuasan konsumen dari 3 aspek perhitungan CSI pada
konsumen jasa pesan antar sayur dan buah di Orifresh adalah sebesar 71,6%. yang
berarti tingkat kepuasan konsumen jasa pesan antar sayur dan buah secara daring
terhadap kinerja atribut–atribut berada pada kriteria Puas. 2). Berdasarkan
perhitungan Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan bahwa Nilai
Tingkat Kepentingan Total 10,82 dan Nilai Rata-Rata nya 3,60 serta Nilai Tingkat
Kinerja Total 10,64 dan Nilai Rata-Rata 3,54, nilai berada pada Kuadrat B yang
berarti faktor penunjang bagi kepuasan konsumen sehingga pihak manajemen
berkewajiban memastikan bahwa kinerja institusi yang dikelolanya dapat terus
mempertahankan prestasi yang telah dicapai.
Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Jasa Pesan Antar Secara Daring, Sayur dan
Buah, Pandemi Covid-19