Abstract:
Tingginya nilai hambatan samping pada suatu ruas jalan akan menyebabkan
penurunan pada kinerja jalan. besarnya hambatan samping sangat berpengaruh
terhadap kapasitas ruas jalan dan kecepatan kendaraan.Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan kinerja
lalu lintas pada beberapa kondisi hambatan samping dan menentukan solusi
perencanaan untuk memperbaiki kinerja lalu lintas. Penelitian yang dilakukan
yaitu berupa survei volume lalu lintas
(LHR
) untuk melihat tingkat kepadatan
kendaraan, dan survei pengukuran survei hambatan samping untuk melihat
besarnya pengaruh gangguan survei kecepatan sesaat baik terganggu dan tak
terganggu hambatan samping. Penelitian dilakukan pada 200 meter di ruas jalan
Besar Deli Tua Kota Medan. Perhitungan selanjutnya digunakan dengan Manual
Kapasitas Jalan Indonesia 1997 untuk Jalan Dalam Kota. Berdasarkan hasil
perhitungan, maka didapatkan nilai derajat kejenuhan tertinggi yaitu 0.835 dengan
jumlah volume kendaraan sebesar 1559 smp/jam dan tundaan yang di dapat yaitu
1997.8 det/smp sementara peluang antrian yang di dapat yaitu 58.26% - 90.9 %
dengan data nilai DS maka di dapat di tentukan tingkat pelayanan yaitu pada
kelas D . Hal ini menunjukkan keadaan ruas jalan sudah sangat jenuh sehingga
diperlukan perbaikan kinerja jalan.