Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui bagaimana pemberian layanan
informasi kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Takengon Tahun Pembelajaran
2021/2022, Untuk mengetahui bagaimana minat baca siswa kelas X SMA Negeri
1 Takengon Tahun Pembelajaran 2021/2022 untuk mengetahui pengaruh
pelaksanaan layanan informasi terhadap Minat baca siswa kelas X SMA Negeri 1
Takengon Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik
analisis linear sederhana. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
hipotesis diperoleh thitung > dan ttabel Dari hasil tersebut maka diperoleh thitung> ttabel
yaitu 3,101 > 2,036. Kesimpulan hipotesis ini adalah bahwa Ha diterima dan Ho
ditolak yaitu terdapatnya pengaruh yang signifikan antara Layanan Informasi
Terhadap Pemahaman Karakter Diri Siswa di kelas X SMA Negeri 1 Takengon.
Layanan informasi terhadap minat baca dengan perolehan hasil uji product
moment diperoleh nilai sebesar 0,424 dengan pengaruh signifikan dengan taraf
interprestasi pada kategori “Sedang” karena rhitung> sebesar 0,338. Berdasarkan
hasil analisa bahwa besarnya pengaruh pelaksnaan layanan informasi di SMA
Negeri 1 Takengon Tahun Pembelajaran 2021/2022 sebesar 17,9% dan sisanya
82,1% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.