Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand
ambassador dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian pada produk
kosmetik pada toko pedia . Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif. Dalam menentukan sampel penelitian ini mengunakan
teknik jenuh (sensus) dimana semua populasi dijadikan sampel.Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket
(kuisoner),untuk menganalisis data dan informasi yang diperlukan maka penulis
menggunakan teknik data dimana digunakan pengujian hipotesis setelah melalui
tahapan-tahapan seperti menyebarkan angket menggunakan googel form. Untuk
menguji kualitas angket mengunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif, yakni
menggunakan perhitungan angka-angka kemudian menarik kesimpulan dari
pengujian tersebut, dengan regresi linier berganda, asumsi klasik, uji parsial (t),
simultan (F), koefisien determinasi (R
2
). Berdasarkan hasil pengujian secara
persial terdapat variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
keputusan pembelian, yaitu brand ambassador dan sikap konsumen. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Berdasarkan hasil
pengujian nilai menunjukkan Fhitung lebih besar dari Ftabel, artinya Ho ditolak
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara brand
ambassador dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian. Nilai R-Square
variabel Y (keputusan pembelian) dapat dijelaskan oleh variabel brand
ambassador (X1), sikap konsumen (X2), terhadap keputusan pembelian (Y), dan
sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.