Research Repository

KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM MANAJAMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 14 BINJAI)

Show simple item record

dc.contributor.author Br. SINGARIMBUN, ENI AGUSTINA
dc.date.accessioned 2022-02-11T01:58:10Z
dc.date.available 2022-02-11T01:58:10Z
dc.date.issued 2021-09-28
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17432
dc.description.abstract Penelitian ini difokuskan pada permasalahan kepala sekolah dalam mengimplementasikan program manajemen berbasis sekolah mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, sampai pada pengawasan di SMP Negeri 14 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14 Binjai, mendeskripsikan kinerja kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14 Binjai, dan mendeskripsikan kendala dan solusi kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14 Binjai. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 14 Binjai dengan kepala sekolah sebagai sumber data penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerapan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14 Binjai terlaksana berdasarkan program-program yang ditetapkan dengan melibatkan semua komponen yang mempunyai kepentingan, yaitu kepala sekolah, pendidik, peserta didik staf pegawai tata usaha, dan masyarakat. Penerapan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14 Binjai berjalan efektif dengan melibatkan komponen tri pusat pendidikan. This research focuses on the problems of the principals in implementing school-based management programs from planning, organizing, implementing, to supervising at SMP Negeri 14 Binjai. The purpose of this research is describing the implementation of school-based management at SMP Negeri 14 Binjai, describing the performance of the principal in implementing school-based management at SMP Negeri 14 Binjai, and the obstacles and solutions of principals in implementing school-based management at SMP Negeri 14 Binjai. The approach of this research is qualitative by using case study research methods. This research was conducted at SMP Negeri 14 Binjai and the principal as the source of data research. The technique of collecting data are interviews, observation, and documentation. The results of this research indicate that the process of implementing school-based management at SMP Negeri 14 Binjai is done based on the programs involve all components that have an interest, school principals, educators, students, staff administration, and all the community. The implementation of school based management at SMP Negeri 14 Binjai is effective by involved the three components of the education. en_US
dc.subject Kinerja Kepala Sekolah en_US
dc.subject Manajemen Berbasis Sekolah en_US
dc.title KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM MANAJAMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 14 BINJAI) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account