Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada permasalahan kepala sekolah dalam
mengimplementasikan program manajemen berbasis sekolah mulai dari perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, sampai pada pengawasan di SMP Negeri 14 Binjai.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi
manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14 Binjai, mendeskripsikan kinerja kepala
sekolah dalam mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14
Binjai, dan mendeskripsikan kendala dan solusi kepala sekolah dalam
mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14 Binjai.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 14 Binjai
dengan kepala sekolah sebagai sumber data penelitian. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa proses penerapan manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 14
Binjai terlaksana berdasarkan program-program yang ditetapkan dengan melibatkan
semua komponen yang mempunyai kepentingan, yaitu kepala sekolah, pendidik, peserta
didik staf pegawai tata usaha, dan masyarakat. Penerapan manajemen berbasis sekolah di
SMP Negeri 14 Binjai berjalan efektif dengan melibatkan komponen tri pusat pendidikan.
This research focuses on the problems of the principals in implementing school-based
management programs from planning, organizing, implementing, to supervising at SMP
Negeri 14 Binjai. The purpose of this research is describing the implementation of
school-based management at SMP Negeri 14 Binjai, describing the performance of the
principal in implementing school-based management at SMP Negeri 14 Binjai, and the
obstacles and solutions of principals in implementing school-based management at SMP
Negeri 14 Binjai. The approach of this research is qualitative by using case study
research methods. This research was conducted at SMP Negeri 14 Binjai and the
principal as the source of data research. The technique of collecting data are interviews,
observation, and documentation. The results of this research indicate that the process of
implementing school-based management at SMP Negeri 14 Binjai is done based on the
programs involve all components that have an interest, school principals, educators,
students, staff administration, and all the community. The implementation of school based management at SMP Negeri 14 Binjai is effective by involved the three
components of the education.