Research Repository

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DAN SELF-CONFIDENCE SISWA MAS NURUL ITTIHADIYAH LUBUK PAKAM

Show simple item record

dc.contributor.author ABDI, MUHAMMAD
dc.date.accessioned 2022-01-15T02:52:33Z
dc.date.available 2022-01-15T02:52:33Z
dc.date.issued 2021-09-25
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17382
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan antara model Kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model Kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap self-confidence siswa, (3) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, (4) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap self-confidence siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) kemampuan awal matematika siswa (2) tes kemampuan komunikasi, (3) angket self- confidence. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X MAS Nurul Ittihadiyah yang berjumlah 83 siswa sedangkan sampel penelitian ini yaitu kelas X1 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas STAD dan kelas X2 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas Jigsaw. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay dan angket. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa, dengan nilai sig. 0,004 lebih kecil dari ∝ dengan ∝ = 0,05 (2) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dengan dengan nilai sig. 0,037 lebih kecil dari ∝ dengan ∝ = 0,05 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap self-confidence siswa, dengan nilai sig. 0,004 lebih kecil dari ∝ dengan ∝ = 0,05 (4) tidak terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap self confidence siswa dengan nilai sig. 0,172 lebih besar dari ∝ dengan ∝ = 0,05. en_US
dc.subject Kemampuan Awal Matematika en_US
dc.subject Model STAD en_US
dc.subject Model Jigsaw en_US
dc.subject Kemampuan Pemahaman Siswa en_US
dc.subject dan Self-Confidence Siswa en_US
dc.title PENGARUH MODEL KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DAN SELF-CONFIDENCE SISWA MAS NURUL ITTIHADIYAH LUBUK PAKAM en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account