dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan antara
model Kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman
matematis siswa, (2) pengaruh yang signifikan antara model Kooperatif tipe
STAD dan Jigsaw terhadap self-confidence siswa, (3) terdapat interaksi antara
kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan
pemahaman matematis siswa, (4) terdapat interaksi antara kemampuan awal
matematika dan model pembelajaran terhadap self-confidence siswa. Instrumen
yang digunakan terdiri dari: (1) kemampuan awal matematika siswa (2) tes
kemampuan komunikasi, (3) angket self- confidence. Data penelitian ini dianalisis
dengan menggunakan analisis inferensial. Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh kelas X MAS Nurul Ittihadiyah yang berjumlah 83 siswa sedangkan
sampel penelitian ini yaitu kelas X1 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas STAD
dan kelas X2 dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas Jigsaw. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk essay dan angket. Analisis
inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara
model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap kemampuan pemahaman
matematis siswa, dengan nilai sig. 0,004 lebih kecil dari ∝ dengan ∝ = 0,05 (2)
terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran
terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dengan dengan nilai sig. 0,037
lebih kecil dari ∝ dengan ∝ = 0,05 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara
model kooperatif tipe STAD dan Jigsaw terhadap self-confidence siswa, dengan
nilai sig. 0,004 lebih kecil dari ∝ dengan ∝ = 0,05 (4) tidak terdapat interaksi
antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap self confidence siswa dengan nilai sig. 0,172 lebih besar dari ∝ dengan ∝ = 0,05. |
en_US |