dc.contributor.author |
ROBBAYANI, KAMA |
|
dc.date.accessioned |
2022-01-15T02:48:33Z |
|
dc.date.available |
2022-01-15T02:48:33Z |
|
dc.date.issued |
2021-09-25 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17381 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk melihat : (1) Pengaruh yang signifikan antara
model eliciting activities dan model problem based learning terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa. (2) Interaksi antara kemampuan awal
matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa. (3) Pengaruh yang signifikan antara model eliciting activities
dan model problem based learning terhadap self confidence siswa. (4) Interaksi
antara kemampuan awal matematika siswa dan model pembelajaran terhadap self
confidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan
menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran
eliciting activities dan kelas eksperimen dengan model problem based learning.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al Washliyah
Kedaisianam Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel yang diambil adalah siswa
kelas VII-A dan siswa kelas VII-B dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa.
Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) Tes kemampuan awal matematika
siswa, (2) Tes kemampuan pemecahan masalah, (3) angket self confidence siswa.
Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial.
Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANACOVA). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara
model eliciting activities dan model problem based learning terhadap kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa yang mana angka signifikasi modelnya
0,003 < ∝ = 0,05. (2) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan
model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
dengan angka signifikasi Corrected modelnya 0,000 < ∝ = 0,05. (3) Terdapat
pengaruh yang signifikan antara model eliciting activities dan model problem
based learning terhadap self confidence siswa dengan angka signifikasi modelnya
0,022 < ∝ = 0,05. (4) Terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika
siswa dan model pembelajaran terhadap self confidence siswa dengan angka
signifikasi Corrected modelnya 0,009 < ∝ = 0,05. |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Awal Matematika |
en_US |
dc.subject |
Model Eliciting Activitie |
en_US |
dc.subject |
Model Problem Based Learning |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Pemecahan Masalah |
en_US |
dc.subject |
dan Self Confidence siswa |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELICITING ACTIVITIES DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF CONFIDENCE SISWA MTs AL WASHLIYAH KEDAISIANAM KAB. BATU BARA |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |