dc.contributor.author | hasbi, syaukani | |
dc.contributor.author | afni, zuraidah | |
dc.date.accessioned | 2022-01-10T03:10:51Z | |
dc.date.available | 2022-01-10T03:10:51Z | |
dc.date.issued | 2019-03-16 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17249 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar siswa, pelaksanaan penggunaan metode brainstorming. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Penelitian ini termasuk penelitian populasi karena memakai semua subyek penelitian untuk dijadikan sumber data. Kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes essay dan dokumentasi teknik yang digunakan untuk menganalisisi data adalah uji validitas dan uji realibilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Metode brainstorming efektif meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam 2. Ada pengaruh hasil belajar siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. 3. Ada perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. | en_US |
dc.subject | Metode Brainstorming | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK TARBIYAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK | en_US |