Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming
terhadap hasil belajar siswa, pelaksanaan penggunaan metode brainstorming. Penelitian ini
termasuk penelitian Quasi Eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK
Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Penelitian ini termasuk penelitian populasi karena
memakai semua subyek penelitian untuk dijadikan sumber data. Kelas X1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X2
sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah tes essay dan dokumentasi teknik yang digunakan untuk menganalisisi data adalah uji
validitas dan uji realibilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Metode
brainstorming efektif meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam 2. Ada pengaruh
hasil belajar siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. 3. Ada perbedaan hasil
belajar siswa kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.