Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program literasi dan
sarana perpustakaan terhadap budaya literasi. Penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Penelitian ini bertempat di Sekolah Dasar Negeri 028354 Binjai
Sampel penelitian berjumlah 47 orang guru status PNS. Teknik pengumpulan data
menggunakai survei. Hasil uji secara simultan penelitian ini menunjukkan bahwa
program literasi dan sarana perpustakaan berpengaruh terhadap budaya literasi di
Sekolah Dasar Negeri 028354 Binjai sebesar 54,6% . sedangkan sisanya 45,4%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak peneliti masukkan dalam penelitian ini.
Hasil Regresi Linier Berganda memperoleh persamaan : Budaya literasi = 2,018
+ 0,470X1 + 0,354 X2 Nilai koefisien sebesar 0,470 untuk variabel program
literasi menunjukkan setiap terjadi peningkatan pada variabel program literasi
sebesar 1 satuan maka akan meningkatkan budaya literasi sebesar 0,470. Nilai
koefisien sebesar 0,354 untuk variabel sarana perpustakaan menunjukkan setiap
terjadi peningkatan pada variabel sarana perpustakaan sebesar 1 satuan maka akan
meningkatkan budaya literasi sebesar 0,354