Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyak siswa yang belummencapai nilai tuntas dan harus dilakukan remedial. Tujuan penelitian ini adalahUntuk mengetahui hasil belajar sebelum penerapan metode pembelajaran ThinkTalk Write terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMA PAB 3 MedanEstate. Untuk mengetahui hasil belajar sesudah penerapan metode pembelajaran
Think Talk Write terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMA PAB 3Medan Estate dan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Think TalkWrite terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMA PAB 3 Medan Estate.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PAB 3 Medan
Estate, sebanyak 38 orang. Populasi penelitian sebanyak 220 orang yang terdiridari 6 kelas kelas Akuntansi dan Kelas Perkantoran.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka diketahui bahwa hasil belajarsebelum penerapan metode Coopertive Scrip masih sangat rendah, sebab siswaharus melakukan remedial agar memperoleh nilai tuntas.Berdasarkan hasilpenelitian diketahui bahwa hasil belajar setelah menggunakan metode Think Talk
Write terjadi peningkatan hasil belajar dan siswa telah mencapai nilai tuntastanpa melakukan remedial. Dari hasil perhitungan maka diperoleh nilai t hitungsebesar 4,035 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitianmaka diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudahpenerapan metode Think Talk Write terhadap hasil belajar akuntansi siswa diSMA PAB 3 Medan Estate, sehingga dalam penelitian ini hipotesis yang diajukan
dapat diterima.