Abstract:
Prestasi belajar dikatakan sempurna apabila memenuhi tiga aspek yakni kognitif,
afektif dan psikomotor, sebaliknya dikatakan prestasi kurang memuaskan jika
seseorang belum mampu memenuhi target dalam ketiga kriteria tersebut. Prestasi
belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, tetapi dapat digolongkan menjadi
dua golongan saja, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta BM Al – Fattah Jl.
Cemara No. 172, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK
Swasta BM Al – Fattah Medan, Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah 27
siswa dimana semua populasi jadi sampel, adapun yang menjadi hasil penelitian
adalah, terdapat 2 (dua) faktor yang mempengaruhi keberhasilan prestasi belajar
mata pelajaran Akuntansi pada siswa SMK Swasta BM Al Fattah, yakni Faktor
internal dan eksternal. Dimana dari faktor-faktor yang ada, faktor lingkungan
keluarga merupakan faktor yang memberikan pengaruh paling besar terhadap
keberhasilan prestasi belajar mata pelajaran Akuntansi yang dicapai oleh siswa
SMK Swasta BM Al Fattah Medan.