Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola
saluran pemasaran, margin pemasaran dan efisiensi pemasaran di lembaga
pemasaran daerah penelitian. Pengambilan sampel petani dan pedagang pengecer
yang diambil dengan metode sensus dengan jumlah sampel 1 orang yang semua
petani lobster air tawar dijadikan sebagai sampel. Untuk analisis data
menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa saluran
atau mata rantai pemasaran lobster air tawar di Daerah Penelitian terdiri dari dua
saluran Pemasaran, yang pertama petani ke konsumen akhir, yang kedua petani ke
pedagang pengecer. Biaya pemasaran I sebesar Rp 1.000/kg. Untuk biaya
pemasaran II yaitu terdiri dari biaya packing Rp. 4.000/kg, biaya tenaga kerja ratarata sebesar Rp. 555/kg dan rata-rata biaya transportasi Rp. 777/kg dengan
jumlah biaya sebesar Rp. 5.332/kg dengan Marjin pemasaran yang diperoleh dari
saluran pemasaran I yaitu sebesar Rp. 0/kg. Dan pada saluran pemasaran II
diperoleh sebesar Rp. 25.000/kg. Efisiensi pemasaran I sebesar 0,74% dan
pemasaran II 3,55% dan keduanya dikategorikan efisiensi dimana <33%.