Abstract:
Strategi Komunikasi pemasaran merupakan usaha yang bertujuan untuk
menginformasikan atau menarik minat konsumen, meningkatkan atau
menyampaikan pada publik mengenai adanya suatu produk ataupun jasa yang
dijual dan dipasarkan agar konsumen mengenal, membeli, dan kemudian,
menjadi pelanggan. Maraknya sejumlah objek wisata lokal menjadikan indonesia
terus berupaya meningkatkan perkembangan sektor pariwisata. Di era globalisasi
ini banyak tempat wisata mengatur strategi agar tempat wisata tersebut menarik
wisatawan dan bisa dikenal masyarakat luas. Peneliti mengambil lokasi penelitian
di Central Park Zoo di Kabupaten Deli Serdang. Penelitian dengan judul “Strategi
Komunikasi Pemasaran Central Park Zoo Deli Serdang dalam membangun
kepuasan pengunjung”, memiliki rumusan masalah bagaimana strategi
komunikasi pemasaran untuk membangun kepuasan pengunjung di era saat ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran
yang digunakan objek wisata Central Park Zoo Deli Serdang serta seberapa besar
tingkat kepuasan pengunjung terharap destinasi wisata Central Park Zoo Deli
Serdang. Teori-teori yang digunakan adalah Komunikasi,Komunikasi pemasaran,
Komunikasi Pariwisata, Pariwisata dan Brand Destinasi, Strategi Komunikasi
Pemasaran, Iklan, Promosi, dan Central Park Zoo. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan mewawancarai 4 Informan dengan memberikan sejumlah
pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Central Park Zoo Deli Serdang
memanfaatkan Media Sosial Intagram untuk mempromosikan dan
memperkenalkan destinasi wisatanya kepada masyarakat luas.