Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan prilaku jujur siswa kelas x di SMA Harapan Mekar medan tahun pembelajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan prilaku jujur siswa kelas x di SMA Harapan Mekar Medan tahun pembelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kulitatif deskriptif. Objek penelitian ini sebanyak 8 orang siswa yang memiliki ciri-ciri prilaku jujur yang rendah. Sample yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan dilakukannya Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk meningkatkan meningkatkan prilaku jujur siswa kelas X di SMA Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Ternyata telah berhasil meningkatkan prilaku jujur siswa hal ini dilihat ketika siswa sedang berada di dalam kegiatan bimbingan kelompok yang di lakukan dengan tatap muka