Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management mengurangi perilaku hedonisme kelas VIII-2 di SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self managment dalam mengurangi perilaku hedonisme siswa kelas VIII-2 di SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adala metode peneitian deskriptif. Objek dalam penelitian ini sebanyak 5 orang siswa kelas VIII-2 yang memiliki ciri-ciri perilaku hedonisme. Sample yang digunakan adalah siswa kelas VIII-2. Instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dilakukannya bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku hedonisme siswa di SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Ajaran 2020/2021, ternyata telah berhasil mengurangi perilaku hedonisme, hal ini dapat dilihat dengan terjadinya kesadaran oleh siswa untuk lebih menerapkan hidup sederhana dan mendahulukan apa yang dibutuhkan ketimbang apa yang di inginkan