Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh promosi terhadap
keputusan pembelian dan citra merek terhadap keputusan pembelian dan apakah terdapat pengaruh
secara bersama-sama antara promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian Beam pada
PT. Dow Agro Sciences Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang
melakukan pembelian atau menggunakan produk pestisida pada PT. Dow Agro Sciences Indonesia
yang bermerek “Beam”. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Nonprobablity sampling
yaitu menentukan sampel dari populasi secara kebetulan bertemu atau memakai produk pestida
dari PT. Dow Agro Sciences Indonesia dengan ketentuan 100 responden. Teknik analisis data
menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable Promosi (X1) memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,618 dengan dengan
nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Citra Merek (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 3,156 dengan dengan nilai signifikan
sebesar 0,002 < 0,05. Secara simultan variabel promosi dan citra merek memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai fhitung sebesar 21,995 dengan tingkat
signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan koefisien determinasi (R square) yang diperoleh dalam
penelitian ini sebesar 0,312. Hal ini memiliki arti bahwa 31,20% variabel keputusan pembelian
dapat dijelaskan oleh variabel Promosi (X1) dan Citra Merek (X2) sedangkan sisanya sebesar
68,80% dapat dijelaskan oleh variabel bebas lainnya yang tidak diikutsertakan dalam penelitian
ini.