Abstract:
Komunikasi berperan penting dalam berinteraksi di kehidupan sehari hari dan tidak terlepas dalam proses belajar mengajar. Keberhasilan dalam
proses belajar mengajar ditentukan dari komunikasi yang dibangun secara
efektif. Kondisi pandemi saat ini mengharuskan para guru untuk mampu
menjalin komunikasi yang baik dengan para muridnya agar inti dari
pembelajaran tersebut dapat tersampaikan. Untuk itu diperlukan komunikasi
yang efektif dan efisien antara guru dan siswa, untuk mencapai tujuan yang
diinginkan dari proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi kemampuan komunikasi guru dalam pembelajaran masa
pandemi Covid-19 terhadap peningkatan kompetensi siswa. Metode penelitian
yang digunakan secara kualitatif untuk mendapatkan data yang mendalam,
suatu data yang mengandung makna. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa
dimasa pandemi menyebabkan guru terkadang kesulitan dalam berkomunikasi
dengan siswanya yang dilakukan secara daring/online class sehingga guru
diharapkan lebih dapat mengasah kemampuan komunikasi nya dalam
mengajar jarak jauh agar kompetensi siswa tetap meningkat.