Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan kecerdasan
emosional, sikap profesional dengan perilaku kerja guru di SMP Negeri 1 Tapian
Nauli Tapanuli Tengah. Jenis penelitian ini adalah dengan pendekatan
survei.Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang.Data yang
dikumpulkan dengan menggunakan angket. Metode analisa yang digunakan
model regresi berganda. Untuk menguji hipotesis secara simultan digunakan
dengan uji F. Dan secara parsial digunakan uji t. Hasil dari pengujian yang
dilakukan dengan uji SPSS di peroleh dengan persamaanY=1,336+0,394X1+
0,177 X2 berarti nilai konstanta sebesar1,336 yang menunjukkan bahwa apabila
kecerdasan emosional dan sikap profesional di asumsikan bernilai nol,maka nilai
perilaku kerja adalah sebesar 1,336.Jika variabel bebas meningkat 1% maka
perilaku kerja akan meningkat. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa nilai
koefisien dari variabel kecerdasan emosional di peroleh 0,394 dengan
probabilitas kemungkinan 0.00 lebih kecil dari tingkat keyakinan (level of
siginifikant) α = 0.05. variabel sikap profesional diperoleh 0.177 dengan
probabilitas kemungkinan 0.00 lebih kecil dari tingkat keyakinan (level of
siginifikant) α = 0.05. maka keputusan yang diambil adalah menolak H0 dan
menerima Ha artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kecerdasan
Emosional dan Sikap Profesional secara bersama-sama dengan Perilaku Kerja
Guru di SMP Negeri 1 Tapian Nauli Tapanuli Tengah.