Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal yang dilakukan Pimpinan Program Studi Bahasa Inggris FKIP UMSU dalam meningkatkan kinerja dosen di Program Studi. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal terhadap peningkatan kinerja pada program studi di UMSU Dan untuk mengetahui apakah sistem penjaminan mutu internal yang dilakukan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU mendukung bagi peningkatan kinerja Dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU.
Pada penelitian ini sumber data diperoleh dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode dengan cara mengumpulkan data, mendeskripsikan data dan selanjutnya menganalisis data tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang meliputi empat komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penjamin mutu internal di Program Studi dilaksanakan oleh pimpinan program studi dan dibantu oleh Unit Penjaminan Mutu (UPM) yang berkoordinasi dengan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Universitas dan Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas. Pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal memiliki dampak dalam bidang pelaksanaan pendidikan, pengajaran, dan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di program studi pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU.