Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengathui pengaruh gaya hidup dan media sosial
terhadap perilaku konsumtif pda masyarakat Kecamatan Medan Marelan baik itu
secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis
linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa secara parsial ada
pengaruh yang signifikan variabel Gaya Hidup terhadap terhadap Perilaku
Konsumtif pada Masyarakat Kecamatan Medan Marelan. secara parsial ada
pengaruh yang signifikan variabel Media Sosial terhadap terhadap Perilaku
Konsumtif pada Masyarakat Kecamatan Medan Marelan. secara simultan dan
signifikan terdapat pengaruh Gaya Hidup, Media Sosial terhadap terhadap
Perilaku Konsumtif Masyarakat Kecamatan Medan Marelan. Hasil perhitungan
regresi dapat diketahui bahwa koefisien determinasi ( R square) yang diperoleh
sebesar 23,1%, hasil ini memiliki arti bahwa 38% variabel Perilaku Konsumtif
dapat dijelaskan oleh variabel Gaya Hidup, Media Sosial, sedangkan sisanya
sebesar 76,9% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti, kualitas
produk, citra merek, brand ambassador dan lain sebagainya.