Abstract:
Sejak sebuah virus yang bernama Covid-19 mulai mewabah di Indonesia pada
tahun 2020 awal, pemerintah terutama Kemendikbud mengambil kebijakan untuk
melaksanakan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 untuk
menekan dan mengurangi jumlah penularan Covid-19. Hal ini diperkuat dengan
surat edaran Mendikbud Nomor 4 tahun 2020 yang berisi tentang segala
mekanisme sistem pembelajaran sekolah, bahwa ujian atau tes yang
diselenggarakan dalam proses tatap muka tidak boleh dilakukan, melainkan
diganti dengan sistem daring atau virtual melalui jaringan atau teknologi yang
ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon siswa SMK
Multi Karya terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di masa Pandemi Covid19 ini. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan
kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Multi
Karya Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dengan jumlah keseluruhan populasi
dan sampel adalah 92 responden. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan
kuesioner melalui google form yang disebarkan oleh masing-masing wali kelas.
Berdasarkan hasil penelitian, respon siswa SMK Multi Karya terhadap
pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 adalah menjawab setuju yaitu
dengan jumlah 3,72 atau sekitar 3,72%.