Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
Selebgram terhadap Minat Beli, untuk mengetahui dan menganalisis Selebgram
terhadap Kepercayaan, untuk mengetahui dan menganalisis Kepercayaan dan
Minat Beli, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Selebgram terhadap
Minat Beli melalui Kepercayaan pada Monbebe (penggemar Monsta X) di Kota
Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
asosiatif. Pendekatan asosiatif ialah pendekatan dengan menggunakan dua atau
lebih variabel guna mengetahui hubungan atau pengaruh antar variabel yang satu
dengan yang lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah penggemar Monsta X
di Kota Medan yang berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan teknik angket. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan Path Analysis, Partial Least Square (PLS) dan Uji Hipotesis.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SmartsPLS
3.0. Dari hasil penelitian diketahui terdapat hubungan signifikan selebgram
terhadap minat beli, selebgram terhadap kepercayaan, kepercayaan terhadap minat
beli dan adanya hubungan tidak langsung yang siginifikan selebgram terhadap
minat beli melalui kepercayaan dalam membeli album Monsta X pada Monbebe
di Kota Medan.