Abstract:
Permasalahan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Penggunaan
Metode Pemberian Tugas terhadap Keaktifan Siswa Kelas III SD Negeri 107442
Pematang Kuala di Masa Pandemi Saat Ini dan melihat apakah tedapat Keaktifan
Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 107442 Pematang Kuala di Masa Pandemi Saat
Ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Penggunaan Metode
Pemberian Tugas Terhadap Keaktifan Siswa Kelas III SD Negeri 107442
Pematang Kuala di masa pandemi saat ini dan melihat Keaktifan Belajar Siswa
Kelas III SD Negeri 107442 Pematang Kuala di masa pandemi saat ini. Metode
penelitian ini adalah kuantitatif, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas III SD Negeri 107442 Pematang Kuala berjumlah 36 siswa dengan jumlah
siswa kelas A 18 siswa dan kelas B 18 siswa, sampel penelitian ini di ambil dari
siswa kelas III A dan kelas III B yang berjumlah 36 siswa. Penelitin ini
menggunakan instrumen lembar angket. Untuk uji analisis data kuantitatif dengan
uji hipotesis menggunakan SPSS versi 16 dengan memperoleh hasil sebagai
berikut: hasil pengujian menggunakan SPSS versi 16, pada uji t mendapatkan nilai
sebesar 2,176 dengan pengambilan keputusan jika nilai Thitung > Ttabel maka Ha
diterima, dengan nilai Ttabel untuk 18 responden sebesar 1,734. Dengan arti 2,176
> 1,734 maka Ha dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan metode pemberian tugas terhadap keaktifan siswa
kelas III SD Negeri 107442 Pematang Kuala pada masa pandemi saat ini