Research Repository

Evaluasi Kinerja Dan Tarif Angkutan Umum Pedesaan Ke Kota Jurusan Ujung Padang – Medan ( Studi Kasus )

Show simple item record

dc.contributor.author Dewi, Irma
dc.contributor.author Kurniawan, Arry
dc.date.accessioned 2021-12-03T01:52:01Z
dc.date.available 2021-12-03T01:52:01Z
dc.date.issued 2021-10-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16813
dc.description.abstract Angkutan umum memiliki kinerja yang baik jika angkutan tersebut mampu memberikan pelayanan yang efe ktif dan efisien, serta mampu memenuhi tuntutan penumpang dan kegiatan masyarakat. Salah satu faktor dan informasi yang penting dalam pengelolaan angkutan umum adalah tarif. Penentuan tarif menjadi begitu penting karena pada dasarnya tarif akan senantiasa dipengaruhi dua pihak yang berbeda yaitu pihak produsen dan pihak konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem kinerja dari angkutan umum bus CV.Sartika trayek Ujung Padang-Medan ataupun Medan-Ujung Padang dan mengevaluasi besarnya nilai tarif, jarak tempuh/waktu angkutan umum bus CV.Sartika dan bus CV.Kupj berdasarkan biaya operasional kendaraan (BOK) menurut metode dinas perhubungan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa kinerja angkutan umum bus CV.Sartika trayek Ujung Padang-Medan pada hari kerja sebesar 957,331%, hari pekan sebesar 984,55% dan hari libur sebesar 994,45%. Sedangkan trayek Medan-Ujung Padang pada hari kerja sebesar 943,22%, hari pekan sebesar 981,106% dan hari libur sebesar 989,445%. Dan perbandingan tarif kedua angkutan umum tersebut dapat dilihat adanya perbedaan tarif. Dimana selisih dari ketiga angkutan umum tersebut sebesar Rp.5.000 baik AC maupun ekonomi. Dengan adanya perbedaan tarif yang berbeda maka kedua angkutan tersebut perlu melakukan strategi yang membuat penumpang tertarik untuk memilih angkutan misalnya memberikan pelayanan maupun fasilitas yang disediakan sehingga membuat penumpang merasa puas dan nyaman. Hal ini menjadi salah satu faktor penting dalam menarik pelanggan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.title Evaluasi Kinerja Dan Tarif Angkutan Umum Pedesaan Ke Kota Jurusan Ujung Padang – Medan ( Studi Kasus ) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account