Abstract:
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan
melalui media pembealajaran Flashcard terhadap kemampuan menulis teks deskripsi
oleh Siswa VII MTS Miftahussalam Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Miftahussalam Medan. Jumlah populasi
dalam ini adalah 72 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah jumlah
keseluruhan dari populasi yaitu kelas X1 37 siswa dan kelas X2 35 siswa. Kelas X1 terpilih
sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima pemeblajaran menggunakan media
Flashcard sedangkan kelas X2 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media
Flashcard.
Metode penelitian ini bersifat eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk
melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya perlakuan yang diberikan pada
eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes esai dengan
posttes-only control design. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa
kemampuan menulis teks deskripsi menggunakan media pembelajaran Flashcard
memperoleh nilai rata-rata 77,44 termasuk dalam kategori baik dan kemampuan menulis
teks deskripsi tanpa menggunakan media pembelajaran Flashcard memperoleh nilai ratarata
60,54
termasuk
dalam
kategori
cukup.
Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh uji “t” dengan hasil pengujian pada
taraf = 0,05 maka diperoleh thitung> ttabel atau 7,90>1,66 sehingga alternatif (Ha) pada
penelitian ini terbukti kebenarannya diterima. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang
signifikan media pembelajaran Flashcard terhadap kemampuan menulis teks deskripsi
oleh Siswa kelas VII MTS Miftahussalam Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.