Abstract:
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengurangi kecanduan sosial media dalam
bentuk penerapan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dengan Teknik Setting
Grub dengan metode jenis penelitian kualitatif, dengan alasan pendekatan ini
karena didasarkan untuk mendiskripsikan perilaku actor-aktor seperti kepala
sekolah, guru bimbingan dan konseling serta siswa/siswi disekolah tersebut.
Subjek yang di ambil didalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling
dan siswa serta objeknya adalah siswa kelas VII. Instrument yang digunakan
didalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini terdapat perubahan antara pertemuan pertama
dan pertemuan kedua pada siswa yang kecanduan sosial media dengan
menyimpulkan hasil penggunaan sosial media pada pertemuan pertama dengan
persentase siswa mendengarkan (100%), memahami (80%), menjelaskan (40%)
dan menerapkan (20%) tentang permasalahan kecanduan sosial media dan pada
pertemuan kedua dengan persentase siswa sudah dapat mendengarkan (100%),
memahami (100%), menjelaskan (100%) dan menerapkan ( 80%) tentang
permasalahan kecanduan sosial media.