Abstract:
Hakikat pendidikan islam bertujuan untuk menjadikan manusia mengabdi kepada Allah
SWT dengan menjunjung tinggi nilai-nilai akhlak sehingga mencapai tingkat akhlakul
karimah, sehingga mencapai kebahagiaan didunia dan akhirat. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana pendidikan akhlak dalam perspektif pemikiran Imam Nawawi
dan bagaimana strategi pembentukan akhlak yang terkandung dalam kitab At-Tibyan Fi
Adab Hamalat Al-Qur'an supaya dapat dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Penelitian
ini didukung dengan beberapa sumber seperti Al-Qur'an, Hadist, kitab-kitab, jurnal, dan
penelitian relevan yang sesuai dengan tema yang dibahas dalam penelitian ini. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan
(library research) melalui pendekatan study konsep. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dari sumber utama yakni kitab At Tibyan Fi Adab Hamalat Al-Qur'an. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisis isi (content analisis). Hasil penelitian ini adalah terdapat enam
pendidikan akhlak yang dijelaskan dalam kitab At-Tibyan Fi Adab Hamalat Al-Qur'an yaitu
mensucikan hati, memilih guru yang berkompeten, berpenampilan sopan dan bersih,
bersikap sopan dan baik, belajar ketika hati guru tenang, bersemangat tinggi dan istiqomah.
Adapun strategi yang digunakan untuk membentuk akhlak yang mulia adalah mensucikan
hati, mengharapkan balasan dan pahala diakhirat kelak, menyamakan sanjungan dan
celaan, lupa pada amal perbuatan yang telah dilakukan, dan tidak tamak dengan harta, dan
menghindari perbuatan yang hina.