Research Repository

Strategi Komunikasi Customer Relations Coordinator (CRC) Kepada Penumpang Terkait Keterlambatan Penerbangan Maskapai Lion Air (Studi Kasus Bandar Udara Internasional Kualanamu)

Show simple item record

dc.contributor.author Aulia, Muhammad
dc.date.accessioned 2020-03-03T01:33:49Z
dc.date.available 2020-03-03T01:33:49Z
dc.date.issued 2019-08-08
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1674
dc.description.abstract Penanganan komplain penumpang atas keterlambatan penerbangan (delay) merupakan salah satu contoh pelayanan prima yang diberikan perusahaan kepada pelanggan. Perusahaan dituntut untuk memberikan jawaban atas keluhan pelanggan, baik secara tertulis maupun secara langsung dengan menghubungi pelanggan guna untuk menanggulangi kesalahpahaman (miss understanding) dalam penerimaan informasi yang berdampak ketidaknyamanan kedua belah pihak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi Customer Relations Coordinator (CRC) kepada penumpang terkait keterlambatan penerbangan maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Kualanamu serta menganalisis hambatan komunikasi yang dihadapi Customer Relations Coordinator (CRC) kepada penumpang terkait Keterlambatan Penerbangan Maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Kualanamu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori strategi komunikasi menurut Paul A. Argenti. Hasil penelitian ini menunjukan strategi komunikasi Costumer Relation Coordinator kepada penumpang terkait keterlambatan penerbangan pesawat Lion Air di Bandar Udara Internasional Kualanamu dilakukan dengan cara menetukan komunikator yang berkompeten, memilih pesan atau isi pesan yang santun dan solutif, mempelajari karakteristik pelanggan dan Lion Air secara berkala melakukan pelatihan kepada Costumer Relation Officer serta rapat rutin dilaksanakan secara berkala. Hambatan yang sering dihadapi oleh CRC saat menghadapi keluhan penumpang adalah hambatan semantis, hambatan psikologi dan hambatan sosiologis. en_US
dc.subject Strategi Komunikasi en_US
dc.subject Lion air en_US
dc.subject keterlambatan en_US
dc.subject Costumer Relations Coordinator en_US
dc.title Strategi Komunikasi Customer Relations Coordinator (CRC) Kepada Penumpang Terkait Keterlambatan Penerbangan Maskapai Lion Air (Studi Kasus Bandar Udara Internasional Kualanamu) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account