Abstract:
Permasalahan penelitian ini adalah harga yang harus bersaing dengan
aplikasi sejenis yang ada di indonesia agar membuat para konsumen tetap
memilih shopee dari e-commerce lainya serta kemduhaan transaksi dalam
memakai aplikasi shopee yang berdampak pada keputusan pembelian. Tujuan
penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui ada pengaruh harga terhadap
keputusan pembelian, mengetahui ada pengaruh harga terhadap kemudahan
transaksi, untuk mengetahui ada pengaruh kemudahan transaksi terhadap
keputusan pembelian dan mengetahui harga bepengaruh terhadap keputusan
pembelian yang dimediasi oleh kemudahan transaksi pada mahasiswa manajemen
fakultas ekonomi & bisnis universitas muhammadiyah sumatera utara.
Pendekatan penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode
pendekatan asosiatif dan kuantitatif. Dan populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiwa manajemen semester 4&6 fakultas ekonomi dan bisnis universitas
muhammadiyah sumatera utara yang berjumlah 1.214 orang sedangkan sampel
pada penelitian ini sebanyak 93 responden yang merukan mahasiswa manajemen
aktif semester 4&6 dengan mengunakan metode slovin. Teknik pengumpulan data
menggunakan daftar pernyataan seperti kuesioner dan wawancara. Teknik analisis
data menggunakan pendekatan asosiatif dan kuantitatif dengan metode statistik
Partial Least Square (SmartPls). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1)
pengaruh harga terhadap keputusan pembelian positif dan signifikan; (2) pengaruh
harga terhadap kemudahan transaksi positif dan signifikan; (3) pengaruh
kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian positif dan signifikan; (4)
pengaruh harga terhadap keputusan pembelian yang di mediasi kemudahan
transaksi mahasiswa manajemen fakultas ekonomi & bisnis universitas
muhammadiyah sumatera utara.