Abstract:
Skripsi ini berjudul: “Implementasi Metode Tikrar Dalam Pembelajaran
Bahasa Arab Di Sekolah Muhammadiyah 4 Medan Helvetia”. Skripsi ini ditulis
oleh MURNIATI BRUTU, NPM 1701020069, Prodi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Agama Islam. Latar belakang peneliti adalah membahas tentang
implementasi metode tikrar dalam pembelajaran Bahasa Arab di sekolah SMP
Muhammadiyah 4 Medan Helvetia. Sekolah setingkat SMP yang berbasis Islam
menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat sekitar. Kemudian tujuan peneliti
adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran Bahasa Arab
dengan menggunakan metode tikrar di sekolah SMP Muhammadiyah 4 Medan
Helvetia, untuk mengetahui faktor pendukung dan factor penghambat di sekolah
SMP Muhammadiyah Medan Helveti. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan jenis deskriptif, dimana data yang dihasilkan nanti berupa data
dari hasil penelitian yang menunjukkan sebuah fakta dilapangan penelitian. Hasil
penelitian di SMP Muhammadiyah 4 Medan Helvetia adalah faktor yang
mendukung dalam pembelajaran bahasa arab diantaranya kesiapan guru bahasa
arab dalam menyiapkan materi, kesesuaian metode dan media dalam
pembelajaran bahasa arab. Dan faktor yang menghambat ialah kurangnya minat
belajar siswa dan ketidaksesuaian waktu belajar