Abstract:
Marketing Mix merupakan strategi paling mendasar yang harus dimiliki oleh perusahaan dalam menentukan suatu keberhasilan, menciptakan, membangun dan mempertahankan kegiatan pemasaran produk dan jasa secara lebih baik terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Untuk itu dalam mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen. Adapun faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yaitu kurangnya strategi pemasaran dalam menarik konsumen untuk melakukan pembelian produk/jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Lingkungan Fisik, dan Proses Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Jasa Pengiriman JNT Exspress Kota Bagan Batu. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen JNT Kota Bagan Batu yang menggunakan jasa pengiriman JNT dan sampel yang digunakan berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik quota sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear Berganda, , Uji t dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Persamaan regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 4.533 + 0,256 + 0,362 + 0,621 + 0,341 + 0,480 + 0,360 + 0,402 + 0,68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Marketing Mix Berpengaruh Positif dan Signifikan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Nilai R Square sebesar 67% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara parsial produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan secara simultan produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa pengiriman JNT Exspress di Kota Bagan Batu