Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menjadi muzakki pada lembaga amil zakat nurul hayat medan. Pendekatan dalam metode penelitian ini dengan menggunakan pendekata kuantitatif.Teknik análisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F serta koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kepercayaan (X1) terhadap variabel minat masyarakat menjadi muzakki (Y) adalah sebesar 0,011 < 0,05 dan t hitung 2,579 < 1,973, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang artinya berpengaruh terhadap variabel minat masyarakat menjadi muzakki (Y). pengaruh pemahaman (X2) terhadap variabel minat masyarakat menjadi muzakki (Y) adalah sebesar 0,890 > 0,05 dan t hitung 0,139 < 1,973, sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 ditolak yang artinya tidak berpengaruh terhadap variabel minat masyarakat menjadi muzakki (Y). pengaruh transparansi (X3) terhadap variabel minat masyarakat menjadi muzakki (Y) adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung 6,321 > 1,973, sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang artinya berpengaruh terhadap variabel minat masyarakat menjadi muzakki (Y). Uji F menunjukkan variabel independen (kepercayaan, pemahaman dan transparansi) secara bersama-sama atau simultan mempengaruhi variabel dependen yaitu minat masyarakat menjadi muzakki. Pengaruh kepercayaan (X1), pemahaman (X2), transparansi (X3) terhadap minat masyarakat menjadi muzakki adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan F hitung 27.678> nilai F tabel 2,65, sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang artinya terdapat variabel kepercayaan (X1), pemahaman (X2), dan transparansi (X3) terhadap variabel minat masyarakat menjadi muzakki (Y) berpengaruh secara signifikan