Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan
kerja terhadap kinerja karyawan unit costumer care Pada PT. Telekomunikasi
Indonesia, Tbk. Medan, untuk menganalisis pengaruh komitmen organisasi
terhadap kinerja karyawan Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.Medan dan
untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap
kinerja karyawan pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Medan.
Dalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis
kuantitatif yaitu menggunakan angka-angka sebagai data. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Pendekatan asosiatif
adalah suatu pendekatan dimana untuk mengetahui bahwa adanya hubungan atau
pengaruh diantara kedua variabel (variabel bebas dan variabel terikat). Penelitian
ini menggunakan software SPSS untuk mengolah data-data.
Berdasarkan hasil pengujian secara parsial pengaruh antara kepuasan kerja
terhadap kinerja karyawan diperoleh thitung (5,004) > ttabel (1,685), dengan taraf
signifikan 0,000 < 0,05. Nilai 5,004 lebih besar dari 1,685 menunjukkan thitung
lebih besar dari ttabel. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima (Ho
ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial
antara kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil pengujian
secara parsial pengaruh antara komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan
diperoleh thitung (3,774) > ttabel (1,685), dengan taraf signifikan 0,001 < 0,05. Nilai
3,774 lebih besar dari 1,685 menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel. Dari hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 diterima (Ho ditolak). Hal ini menunjukkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara komitmen organisasi
terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa nilai Fhitung
adalah 37,168 dengan tingkat signifikan 0,000, sedangkan Ftabel 3,245 dengan
signifikan 0,05. Dengan demikian Fhitung> Ftabel yakni 37,168 > 3,245, Nilai
37,168 lebih besar dari 3,245 menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel, artinya Ho
ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan antara
kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan.