Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana unsur etnomatematika
permainan tradisional kelereng dapat digunakan sebagai media pembelajaran
matematika serta bagaimana pengaruh pemanfaatan permainan kelereng berbasis
etnomatematika sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana unsur etnomatematika
permainan tradisional kelereng dapat digunakan sebagai media pembelajaran
matematika dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan permainan
kelereng berbasis etnomatematika sebagai media pembelajaran terhadap hasil
belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre-test posttest
control group design. Instrumen ini dilakukan untuk dapat melihat hubungan
dari variabel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Hikmah tahun
pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple
random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu VIII A
berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII B berjumlah 25 siswa
sebagai kelas kontrol. Dari hasil pre-test menunjukkan bahwa rata-rata kelas
eksperimen adalah 46, sedangkan rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 46,4.
Dari hasil post-test diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 81,8,
sedangkan rata-rata pada kelas kontrol adalah 66,6. Dari analisis data
menunjukkan bahwa kelas eksperimen, nilai pre-test = 0,154 dan nilai posttest
= 0,099. Sedangkan untuk kelas kelas kontrol, nilai pre-test = 0,114 dan
nilai post-test = 0,118. Untuk uji homogenitas pada pre-test kelas eksperimen
dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,08) < Ftabel (2,269). Untuk uji homogenitas
pada post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,045) < Ftabel
(2,269). Selanjutnya dari hasil perhitungan t-test , diperoleh thitung (5,759) > ttabel
(2,011) artinya rata-rata hasil belajar siswa pada materi peluang dengan media
permainan kelereng berbasis etnomatematika lebih tinggi dibandingkan hasil
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori dan ada
pengaruh pemanfaatan permainan kelereng berbasis etnomatematika sebagai
media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa.