Research Repository

Pengaruh Pemanfaatan Permainan Kelereng Berbasis Etnomatematika Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika T.A 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Julaika, Nindylah
dc.contributor.author Panggabean, Suvriadi
dc.date.accessioned 2021-12-01T06:08:40Z
dc.date.available 2021-12-01T06:08:40Z
dc.date.issued 2021-09-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16638
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana unsur etnomatematika permainan tradisional kelereng dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika serta bagaimana pengaruh pemanfaatan permainan kelereng berbasis etnomatematika sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana unsur etnomatematika permainan tradisional kelereng dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemanfaatan permainan kelereng berbasis etnomatematika sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre-test posttest control group design. Instrumen ini dilakukan untuk dapat melihat hubungan dari variabel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Hikmah tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu VIII A berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII B berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Dari hasil pre-test menunjukkan bahwa rata-rata kelas eksperimen adalah 46, sedangkan rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 46,4. Dari hasil post-test diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 81,8, sedangkan rata-rata pada kelas kontrol adalah 66,6. Dari analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen, nilai pre-test = 0,154 dan nilai posttest = 0,099. Sedangkan untuk kelas kelas kontrol, nilai pre-test = 0,114 dan nilai post-test = 0,118. Untuk uji homogenitas pada pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,08) < Ftabel (2,269). Untuk uji homogenitas pada post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung (1,045) < Ftabel (2,269). Selanjutnya dari hasil perhitungan t-test , diperoleh thitung (5,759) > ttabel (2,011) artinya rata-rata hasil belajar siswa pada materi peluang dengan media permainan kelereng berbasis etnomatematika lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori dan ada pengaruh pemanfaatan permainan kelereng berbasis etnomatematika sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Permainan kelereng en_US
dc.subject etnomatematika en_US
dc.subject media pembelajaran en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title Pengaruh Pemanfaatan Permainan Kelereng Berbasis Etnomatematika Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika T.A 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account