Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metodologi penelitian
Library Research, dengan tujuan mengetahui hasil Analisis Model Pembelajaran
Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa.
Penelitian ini didasarkan atas terjadinya siswa yang kurang paham akan
meningkatkan berfikir kritis. Berdasar pada hasil analisis terhadap jurnal tersebut
menyatakan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving dapat
membantu memecahkan permasalahan pembelajaran pada siswa, dengan adanya
pemecahan berfikir kritis/kreatif tersebut siswa mudah menanggapkan
permasalahan dengan baik dan mendapatkan hal yang positif, dan layak untuk
siswa tersebut menggunakan model itu untuk dapat memecahkan permasalahan
yang ada. Hasil Penelitian menyatakan bahwa Creative Problem Solving untuk
meningkatkan berfikir kritis siswa sangat bagus untuk memecahkan permasalahan
pada siswa dan ada hal positif terlihat pada penelitian-penelitian di atas. Model itu
sangat mempunyai peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar.
Dengan adanya model pembelajaran ini, siswa diharap dapat terbantu dalam
memecahkan permasalahan yang ada pada siswa tersebut. Maka dari penggunaan
model creative problem solving sangat layak digunakan dalam proses belajar
mengajar. Model ini juga sudah di uji adanya hal positif oleh peneliti sebelumnya
dan mendapatkan hasil yang layak untuk digunakan dalam proses belajar
mengajar guna untuk memecahkan permasalahan.