Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa
kelas VII MTs Negeri 1 Simalungun Tahun Pembelajaran 2020-2021 dengan
menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model
pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Al-Qur’an
Hadits siswa kelas VII MTs Negeri 1 Simalungun Tahun Pembelajaran 2020-2021.
Populasi penelitian berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian diambil secara random
kelas sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII-2 berjumlah 34 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII-4 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan
analisis data, hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa dengan metode pembelajaran
Numbered Head Together (NHT) dengan rata-rata 90,19 termasuk dalam kategori
sangat baik. Hal ini disebabkan sebelum siswa menjawab postest, siswa sudah
mengikuti proses metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT).
Sedangkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa dengan metode ceramah dalam
kategori baik dengan rata-rata 77,26. Hal ini disebabkan siswa dalam menjawab
posttest tanpa adanya latihan. Selanjutnya, dari hasil analisis data diperoleh thitung
7,633, sedangkan ttabel untuk taraf signifikan 5% (α = 0,05) dengan dk 66 sebesar
1,668. Ternyata thitung > ttabel (7,633 > 1,668) telah membuktikan bahwa hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Berarti ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head
Together (NHT) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs
Negeri 1 Simalungun Tahun Pembelajaran 2020-2021.