Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Kedisiplinan Belajar Pada
Siswa Kelas VIII-2 Melalui Layanan Konseling Kelompok di SMP Swasta Nurus
Salam Tahun Pembelajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah
Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas VIII-2 Melalui Layanan Konseling
Kelompok Di SMP Swasta Nurus Salam Tahun Pembelajaran
2020/2021.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan 10
objek dalam 1 kelas yaitu di kelas VIII-2 yang tingkat kedisiplinan belajar rendah.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang diperoleh pada layanan
konseling kelompok ke I dan layanan konseling kelompok ke II mengalami
peningkatan. Dengan dilakukannya layanan konseling kelompok untuk
meningkatkan kedisiplinan belajar yang rendah pada siswa ternyata telah
Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas VIII-2 Melalui Layanan Konseling
Kelompok Di SMP Swasta Nurus Salam Tahun Pembelajaran 2020/2021. Dengan
catatan dilaksanakan secara sistematis, teratur, terarah serta berulang-ulang