Research Repository

Implementasi Metode Sima’i dalam Menghafal Al-Qur’an di Sekolah SMP Jabal Rahmah Mulia Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Padang, Lilis Karlina
dc.date.accessioned 2021-11-30T16:17:26Z
dc.date.available 2021-11-30T16:17:26Z
dc.date.issued 2021-10-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16565
dc.description.abstract Penelitian ini membahas mengenai Implementasi Metode sima’i dalam menghafal Al-Qur’an di Sekolah SMP Jabal Rahmah Mulia Medan. Tujuan pendidikan di sekolah ini adalah Menjadikan anak didik gemar menghafal Al-Qur’an, Menyiapkan generasi cerdas, disiplin, dan soleh, Menjadikan anak didik mampu menjawab zaman dan menjadi kebanggaan orang tua. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja metode pembebelajaran Tahfizh Qur’an di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan, Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sima’i dalam proses pembelajaran Tahfizh Qur’an di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan, untuk mengetahui Apa saja faktor penunjang dan penghambat yang dihadapi selama proses pembelajaran Tahfizh Qur;an di SMP Jabal Rahmah Mulia medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber lisan dan sumber tertulis. Pengumpulan data dilakaukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran tahfizh di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan ada beberapa metode yang mereka gunakan yaitu Metode Sima’i, wahdah, Talaqqi dan juga Tahsin. Untuk penerapan metode sima’i di sekolah ini ini dilakukan dengan cara Melakukan sima’an sesama siswa dan Setoran memperdengarkan hafalan baru Memperdengrkan hafalan lama setelah menambah hafalan baru. Adapun faktor penunjang hafalan siswa di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan ini yaitu, dengan menerapkan metode yang bagus dan cocok untuk siswa, diwajibkan sima’an sesama siswa, usia siswa yang ideal untuk menghafal Al-Qur’an, Motivasi dan Nasehat yang diberikan sebelum memulai hafalan baru, Lokasi yang nyaman bagi siswa dalam menghafal Al-Qur’an, serta Melakukan evaluasi setiap Semester. Untuk faktor penghambat hafalan siswa di sekolah ini yaitu, Muraja’ah hafalan kurang maksimal pada saat libur sekolah, Terlalu terburu-buru dalam menambah hafalan dan Tidak sabar dalam menghafal. en_US
dc.subject Metode Pembelajaran en_US
dc.subject Tahfizh Qur’an en_US
dc.title Implementasi Metode Sima’i dalam Menghafal Al-Qur’an di Sekolah SMP Jabal Rahmah Mulia Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account