Abstract:
Penelitian ini membahas mengenai Implementasi Metode sima’i dalam
menghafal Al-Qur’an di Sekolah SMP Jabal Rahmah Mulia Medan. Tujuan pendidikan
di sekolah ini adalah Menjadikan anak didik gemar menghafal Al-Qur’an, Menyiapkan
generasi cerdas, disiplin, dan soleh, Menjadikan anak didik mampu menjawab zaman
dan menjadi kebanggaan orang tua. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui apa saja metode pembebelajaran Tahfizh Qur’an di SMP Jabal
Rahmah Mulia Medan, Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode sima’i dalam
proses pembelajaran Tahfizh Qur’an di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan, untuk
mengetahui Apa saja faktor penunjang dan penghambat yang dihadapi selama proses
pembelajaran Tahfizh Qur;an di SMP Jabal Rahmah Mulia medan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian
lapangan (field research) bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini
meliputi sumber lisan dan sumber tertulis. Pengumpulan data dilakaukan dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa dalam pembelajaran tahfizh di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan
ada beberapa metode yang mereka gunakan yaitu Metode Sima’i, wahdah, Talaqqi dan
juga Tahsin. Untuk penerapan metode sima’i di sekolah ini ini dilakukan dengan cara
Melakukan sima’an sesama siswa dan Setoran memperdengarkan hafalan baru
Memperdengrkan hafalan lama setelah menambah hafalan baru.
Adapun faktor penunjang hafalan siswa di SMP Jabal Rahmah Mulia Medan ini
yaitu, dengan menerapkan metode yang bagus dan cocok untuk siswa, diwajibkan
sima’an sesama siswa, usia siswa yang ideal untuk menghafal Al-Qur’an, Motivasi dan
Nasehat yang diberikan sebelum memulai hafalan baru, Lokasi yang nyaman bagi siswa
dalam menghafal Al-Qur’an, serta Melakukan evaluasi setiap Semester. Untuk faktor
penghambat hafalan siswa di sekolah ini yaitu, Muraja’ah hafalan kurang maksimal
pada saat libur sekolah, Terlalu terburu-buru dalam menambah hafalan dan Tidak sabar
dalam menghafal.