Abstract:
Permasalahan penelitian ini adalah mengenai manajemen pengembangan budaya
sekolah unggul di SMP Tamansiswa Pematangsiantar.Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui manajemen pengembangan budaya sekolah unggul
SMP Tamansiswa Pematangsiantar.Metode penelitian ini adalah kualitatif yang
bersifat pengembangan dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian kualitatif
dimulai dengan asumsi dan pengunaan kerangka penafsiran atau mempengaruhi
studi tentang permasalahan riset yang terkait dengan makna yang dikenakan
oleh individu atau kelompok pada suatu permasalahan sosial.Karena ada suatu
permasalahan atau isu yang perlu dieksplorasi yang tdak mudah diukur atau
mendengarkan informasi samar. Dengan demikian, penelitian menemukan bahwa
budaya kedisipinan yang dilaksanakan disekolah ini dapat diwujudkan dengan
berbagai tindakan atau pembinaan. Kedisiplinan kepala sekolah ditunjukan
dengan datang kesekolah lebih awal atau sebelum pukul 07.00 pagi.
Kedisplinan guru diwujudkan dengan ketepatan jam mengajar dikelas dan
ketepatan seragam yang dikenakan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
sebagaimana yang telah diuraikan pada hasil dan pembahasan penelitian maka
dapat ditarik kesimpulan: 1) Sekolah hendaknya meningkatkan peran seluruh
warga sekolah dengan menghimbau untuk mengoptimalkan pengembangan
budaya sekolah mendukung danmenumbuhkan keunggulan sekolah.jadi lebih
baik. 2) Mengembangkan budaya disekolah sebaiknya perlu ditingkatkan agar
sekolah menjadi lebih baik dan maksimal dalam menjalankan proses
pembelajaran dan pendidikan. 3) Meningkatkan budaya sekolah dapat
meningkatkan keunggulan sekolah,maka pihak sekolah perlu melestarikan
budaya dan nilai-nilai yang sudah terbangun disekolah,membangun komitment
warga sekolah dan merasakan program dan kegiatan yang mendukung
pengembangan budaya sekolah.