Abstract:
Penelitian ini bertujuan Bagaimana Analisis Manajemen kepala sekolah dalam
meningkatkan prestasi akademik siswa SMA Negeri 1 Tukka Kabupaten Tapanuli
Tengah Provinsi Sumatera Utara? Upaya kepala sekolah dalam menyelesaikan
berbagai kendala pembinaan menajemen dalam meningkatkan prestasi siswa masuk
perguruan tinggi favorit ? Faktor-faktor apa saja yang menjadi penentu dalam
meningkatkan prestasi siswa masuk perguruan tinggi favorit ? Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi, dan dokumentasi.
Analisis datanya menggunakan analisis Miles dan Huberman yang dilakukan tiga
tahapan, yaitu : reduksi data, (data reduction), penyajian data (data display), dan
menarik kesimpulan (conclution drawing/verification). Adapun pengecekan
keabsahan datanya menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, dependabilitas, dan
konfirmabilitas.
Hasil penelitian ini menemukan: (1) manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan
prestasi akademik siswa adalah menyusun konsep yang jelas dan terperinci serta
mudah dilaksanakan. Tahapannya adalah menyusun perencanaan, melakukan seleksi,
melakukan pembinaan, dan mengikuti event lomba dan evaluasi; (2) upaya kepala
sekolah dalam menyelesaikan berbagai kendala dalam meningkatkan prestasi
akademik siswa adalah memperkuat kesolidan team, membuat program yang berbeda,
melakukan pendekatan kepada orang tua, menjalin komunikasi yang efektif,
melengkapi sarana dan prasarana,memahamkan dan menanamkan nilai perjuangan,
mengadakan rapat; (3) faktor- faktor yang yang menjadipenentu dalam meningkatkan
prestasi akademik siswa adalah faktor internal meliputi soliditas team, semangat untuk
berprestasi, kinerja yang tinggi, ikhlas dan faktor eksternal meliputi soliditas wali
murid, dukungan yayasan, networking, sarana prasarana.