Research Repository

Efektivitas Pengelolaan Jasa Pelayanan Terminal dalam Mewujudkan Pelayanan Prima dan Tertib di Terminal Pinang Baris

Show simple item record

dc.contributor.author Saiful, Fahrul
dc.date.accessioned 2021-11-29T19:09:09Z
dc.date.available 2021-11-29T19:09:09Z
dc.date.issued 2021-10-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16535
dc.description.abstract Terminal merupakan suatu sarana fasilitas yang sangat dibutuhkan masyarakat berkaitan dengan transportasi darat. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1993 tentang Angkutan Jalan, terminal adalah prasarana transportasi jalan untuk keperluan memuat dan menurunkan orang dan atau barang serta mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum, yang merupakan salah satu wujud simpul jaringan transportasi. Namun terminal mememiliki jenis kualitas pelayanan, yang menjadi salah satu faktor yang menentukan kepuasan pelanggan. Dikarenakan baiknya kualitas pelayanan dan efektifnya dalam melakukan bauran promosi akan memberikan respon positif terhadap kepuasan konsumen untuk tetap loyal menggunakan jasanya. Kualitas pelayanan tidak hanya diadopsi oleh lembaga penyelenggara jasa – jasa komersial, tetapi juga telah digunakan oleh lembaga – lembaga pemerintahan, yang selama ini resisten terhadap tuntutan kualitas pelayanan publik yang bersifat prima. Dengan demikian, kunci agar perusahan tetap eksis adalah kemampuan perusahaan untuk mempertahankan. Terminal Pinang Baris merupakan pintu masuk Kota Medan, lalu terminal ini memang menjadi pusat transportasi terbesar di Kota Medan. Hasil penelitian yang berdasarkan dari beberapa tolak ukur bisa dikatakan bahwa jasa pelayanan terminal pinang baris hampir sudah cukup baik, meskipun saat ini masih melaksanakan definisi dari sarana dan prasarana yang memadai, yang diupayakan untuk dibuat sebagaimana mestinya. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa pengelola terminal berusaha untuk melaksanakan definisi dari sarana dan prasarana yang sudah dibuat, di dalam penyediaan sarana dan prasarana pengelola terminal terus menata sebaik mungkin agar setiap penumpang yang singgah khususnya di terminal daya merasa nyaman, baik dari segi bangunan fasilitas. en_US
dc.subject Teminal en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Pengelolaan en_US
dc.title Efektivitas Pengelolaan Jasa Pelayanan Terminal dalam Mewujudkan Pelayanan Prima dan Tertib di Terminal Pinang Baris en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account