Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan nasabah, untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan terhadap
kepuasan nasabah dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra
perusahaan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero)
Cabang Medan Utara. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
asosiatif. Peneliti melakukan penyebaran angket selama 10 hari dengan jumlah
responden 100 sehingga perkiraannya adalah 1 hari 10 responden. Berdasarkan
hasil uji-t secara parsial adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel
kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT. Asuransi
Jiwasraya (Persero) Cabang Medan Utara. Berdasarkan hasil uji-t secara parsial
adanya pengaruh positif dan signifikan antara variabel citra perusahaan (X2)
terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang
Medan Utara. Berdasarkan pengujian uji F secara simultan terdapat pengaruh
signifikan antara variabel kualitas pelayanan (X1) dan citra perusahaan (X2)
terhadap kepuasan nasabah (Y) pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang
Medan Utara. Koefisien determinasi sebesar 0,481. Ini menunjukkan 48,1%
variabel yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan (X1) dan Citra Perusahaan (X2)
terhadap kepuasan nasabah (Y), sedangkan 51,9% dari faktor yang dapat
dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya (X3, X4 dan seterusnya) yang tidak
diikutsertakan dalam penelitian ini.