Research Repository

“Penggunaan Metode Insyā’ dalam Pembelajaran Al-Kitābah di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan”

Show simple item record

dc.contributor.author Maslan, Didi
dc.date.accessioned 2021-11-29T18:28:14Z
dc.date.available 2021-11-29T18:28:14Z
dc.date.issued 2021-10-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16512
dc.description.abstract Selama satu dekade terakhir, pembelajaran bahasa Arab semakin eksis di Indonesia. Hal ini di buktikan dengan semakin banyaknya lembaga-lembaga pendidikan baik lembaga yang berada di bawah naungan swasta maupun lembaga yang berada di bawah naungan pemerintah yang memasukkan pembelajaran bahasa Arab ke dalam kurikulun pendidikan mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penggunaan metode insyā', problematika penggunaan metode insyā’ dan upaya untuk mengatasi problematika penggunaan metode insyā’. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa proses pembelajaran al-kitābah di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah menggunakan metode insyā’ dengan ragam modelnya seperti mengubah kalimat, membuat jumlah mufidah, menyusun kalimat dan sebagainya dan terdiri dari tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Adapun problematika penggunaan insyā’ di Ma’had Abu Ubaidah antara lain; kurangnya penguasaan kosa-kata siswa, kurangnya keberanian siswa untuk berbahasa, minimnya penguasaan kaedah bahasa (nahwu dan sharaf), minimnya penguasaan istilah/ungkapan bahasa Arab, limgkungan yang kurang mendukung dan banyaknya peserta didik yang mengantuk saat pembelajaran berlangsung. Sedangkan upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika tersebut antara lain; memberikan motivasi kepada siswa, menghimbau siswa untuk hadir saat pembelajaran, membiasakan peserta didik untuk berbahasa Arab dan mengupas i’rab dari setiap materi yang di pelajari. en_US
dc.subject Metode Insyā’ en_US
dc.subject Bahasa Arab en_US
dc.subject Pembelajaran Al-Kitābah en_US
dc.subject Problematika en_US
dc.title “Penggunaan Metode Insyā’ dalam Pembelajaran Al-Kitābah di Ma’had Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan” en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account