Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pengaruh Promosi
Terhadap Minat Menabung Santri Pada BMT Mawaridussalam. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi linier sederhana, uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi Terhadap Minat Menabung Santri
Pada BMT Mawaridussalamyang diperoleh dari nilai t-hitung > t-tabel(2,838
>1,99970), dengan signifikanisi (0,000<0,05). Promosi berpengaruh positif
terhadapMinat Menabung Santri yang diperoleh dari nilai f-hitung > f-tabel sebesar
(36,468>3,95), dengan tingkat signifikansi(0,000> 0,05), hal ini menandakan bahwa H0
ditolak sedangkan H1 diterima. Sedangkan pada uji koefisien determinasimenunjukkan
bahwa Promosi mempengaruhi Minat Menabung Santri sebesar 8,6% sedangkan sisanya
adalah 91,4%. Minat Menabung Santri dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dimasukkan dalam penelitian ini. Dengan demikian semakin besar tingkat Promosi
terhadap Minat Menabung Santri Pada BMT Mawaridussalam menimbulkan hubungan
kerjasama yang baik untuk kedepannya.