Abstract:
Era digital membawa banyak perubahan terhadap peminat radio pada generasi
sebelumnya dan generasi saat ini. Sehingga sebagai seorang yang membawakan
program acara radio, seorang penyiar radio dituntut untuk bisa menghasilkan
program-program yang kreatif dan inovatif agar tatap bisa menarik pendengar
pada zaman yang terus berkembang hingga saat ini. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana strategi penyiar Radio Kiss FM Medan
dalam mengembangkan kreativitas diri di era digital. Dalam penelitian ini teori
yang digunakan adalah Teori Harold Laswell. Metode dalam penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis data, mengolah dan
mendeskripsikan kata, menarik kesimpulan secara kualitatif deskriptif. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa internet sangat membantu penyiar Radio Kiss
FM Medan dalam menggali kreativitas diri dan menciptakan inovasi-inovasi baru.
Strategi yang dilakukan penyiar Radio Kiss FM Medan dalam mengembangkan
kreativitas diri di era digital dengan mengikuti media-media kreatif dan mengikuti
perkembangan minat pendengar agar dapat menghasilkan program yang dapat
menarik pendengar.